Pemasaran memiliki
definisi yang jauh lebih luas daripada hanya sebatas definisi penjualan.
Seseorang yang hendak mempelajari masalah pemasaran ini harus memahami benar
definisi pemasaran sehingga dapat diketahui pula ruang lingkup dan hal-hal yang
berkaitan dengan pemasaran serta mampu menjelaskan topik-topik utama dalam
pemasaran. Sebuah bisnis yang berhasil ditentukan oleh seberapa banyak laba
yang dapat diraih oleh suatu perusahaan. Laba ini kemudian dicatat dalam
laporan keuangan, sehingga indikator perusahaan bisnis yang berhasil dapat
dilihat dari laporan keuangan yang memiliki jumlah laba yang besar. Apabila
laba yang ada dalam laporan keuangan jumlahnya tidak signifikan atau justru
lebih kecil dari biaya dan beban-beban operasional yang harus dikeluarkan oleh
perusahaan maka bisnis yang dijalankan perusahaan tersebut dikatakan tidak
berhasil atau disebut rugi.
Keberhasilan perusahaan
meraih laba ini ditentukan pada seberapa banyak perusahaan mampu menjual barang
atau jasanya kepada konsumen dan hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemasaran
dalam suatu proses bisnis merupakan kunci utama yang harus dimiliki oleh setiap
perusahaan yang ingin meraih sukses dan memenangkan persaingan bisnis. Operasi
bisnis seperti kegiatan produksi, administrasi, tata kelola keuangan dan
sebagainya yang dijalankan oleh suatu perusahaan sesungguhnya akan berjalan
sia-sia jika tidak ada permintaan terhadap barang dan jasa yang menyebabkan
perusahaan tidak mampu menghasilkan laba. Prinsip inilah yang menyebabkan
pemasaran kemudian disebut oleh banyak ahli memiliki arti penting melebihi
fungsi bisnis apapun karena pada dasarnya pemasaranlah yang menghubungkan
perusahaan dengan pelanggannya.
Hal itu termasuk
bagaimana mengukur jumlah permintaan sekaligus kemungkinan menciptakan permintaan-permintaan
baru, menentukan jumlah penawaran yang paling relevan dengan kemampuan
perusahaan dan jumlah permintaan yang ada termasuk cara-cara menjalin hubungan
dengan para pelanggan serta memberikan nilai lebih dari barang atau jasa yang
dihasilkan oleh perusahaan pada kehidupan pelanggannya serta memastikan
loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.
Kenyataan ini
melegitimasi pendapat bahwa seluruh proses bisnis yang berjalan sempurna tidak
akan hidup dan berkembang serta bertahan lama jika tidak didukung dengan
kemampuan pemasaran yang strategis dan efektif. Menurut Kottler dan Armstrong
(2001) inti dari pemasaran dalam proses bisnis adalah penciptaan kepuasaan
pelanggan dengan tujuan untuk memperbesar laba perusahaan. Pemasaranlah penentu
keberlangsungan hidup suatu perusahaan. Laba yang didapat oleh perusahaan
merupakan insentif atau imbal nilai dari investasi yang dilakukan oleh pemilik
perusahaan. Laba juga dapat ditanamkan kembali pada perusahaan untuk digunakan
sebagai modal pengembangan bisnis perusahaan.
Aqua dan Teh Botol
Sosro pada awalnya dianggap oleh masyarakat sebagai produk yang sangat sepele.
Pendapat ini relevan karena air minum dan teh sebenarnya dapat dibuat sendiri
oleh masyarakat dan tidak perlu membeli dari suatu perusahaan sehingga bisa
menghemat biaya belanja. Aktifitas yang dilakukan Aqua dan Teh Botol Sosro ini
pada awalnya juga dianggap tidak memiliki prospek yang baik. Namun Aqua dan Teh
Botol Sosro mampu menerapkan suatu sistem pemasaran yang efektif dengan
menciptakan nilai lebih bagi pelanggan maka dua perusahaan air minum tersebut
mampu meraih kesuksesan bisnis yang sangat besar. Aqua dan Teh Botol Sosro
bahkan mampu merubah gaya hidup masyarakat dengan pola-pola kebiasaan yang
baru.
Dengan memiliki
cita-cita dan visi yang jelas dalam menentukan arah kehidupan, serta kuat dan
konsisten terhadap target-target yang ditentukan; akan menggiring kehidupan
manusia ke dalam arah perbaikan hidup dalam upaya untuk mewujudkan cita-cita
tersebut. Perbaikan ini bisa terkait dengan pengembangan kompetensi yang
diperlukan untuk mencapai target tersebut sekaligus melakukan environmental
scanning karena terkait dengan persaingan yang nantinya dihadapi dalam mencapai
target-target yang telah ditetapkan. Dengan perencanaan yang matang, manusia
mampu mengetahui arah kehidupannya di masa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar